Graduation Sucess

7 Cara Fresh Graduate Menaklukkan Dunia Kerja

Fresh graduate adalah istilah bagi mahasiswa yang baru saja lulus dari masa perkuliahan. Sebutan fresh graduate umumnya bisa disandang selama satu atau dua tahun setelah seorang mahasiswa lulus.

Apa yang biasanya dilakukan oleh seorang fresh graduate?

Pilihannya adalah melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi, atau mencari pekerjaan dan membangun karier.

Fresh graduate termasuk kelompok job seeker yang memiliki ambisi dan ide mutakhir. Namun, fresh graduate sering kali dianggap minim pengalaman. Walaupun demikian, banyak juga perusahaan dan industri yang sengaja membuka rekrutmen khusus bagi fresh graduate.

Bila kamu baru saja lulus dari bangku perkuliahan dan saat ini menyandang gelar fresh graduate, atau kamu sedang duduk di semester akhir perkuliahan, kamu tidak perlu khawatir atau takut untuk masuk ke dalam dunia kerja.

Baca juga → Tips Bisnis Go Digital, Siap Bangkit Selepas Pandemi

Tujuh Tip Menaklukkan Dunia Kerja

Berikut ini adalah tujuh tip dan persiapan untuk menaklukkan dunia kerja, strategi bagi para fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir yang tidak lama lagi akan berganti status menjadi seorang fresh graduate.

1. Carilah pekerjaan sesuai passion

2. Cintailah pekerjaanmu

Ketika sudah masuk ke dunia kerja, cobalah untuk mencintai pekerjaan yang kamu jalani. Setiap beban pekerjaan yang dihadapi akan terasa ringan, karena pekerjaan tersebut dinikmati dan dianggap sebuah proses untuk mencapai hasil yang baik.

3. Miliki growth mindset

Growth mindset tidak menganggap kegagalan sebagai sebuah akhir, tetapi sebagai tangga untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Baca juga → Perlukah Menjalani Bisnis Sesuai Passion?

4. Belajarlah untuk tidak money oriented

Saat baru menginjak dunia kerja, fresh graduate perlu belajar untuk tidak bersifat money oriented. Sifat berorientasi uang akan membuat seorang fresh graduate sulit berkembang, ketika gaji yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Akhirnya, sifat money oriented akan membuat seseorang mengalami kemunduran atau stagnan, dan tidak dapat menemukan pembelajaran akan hal baru.

5. Jadilah adaptif

Dalam lingkungan pekerjaan, kamu akan bertemu dan bekerja dengan orang-orang lain.  Oleh karena itu, diperlukan penguasaan diri dan kemampuan adaptif agar kamu mampu menyesuaikan diri dengan keadaan.

Belajarlah untuk menjadi pribadi yang mampu diterima rekan kerja, dengan menjaga sikap serta mampu menerima kekurangan rekan kerja. Selain itu, kamu juga diharapkan mampu menyalurkan kelebihan pribadi agar dapat membantu meringankan beban pekerjaan rekan satu tim.

6. Miliki time management skill

Beban pekerjaan yang terus menerus bertambah tiap harinya perlu diselesaikan dengan baik. Caranya adalah dengan menerapkan time management.

Dengan memiliki kemampuan time management atau manajemen waktu yang baik, kamu dapat mengatur skala prioritas. Kamu juga bisa mengatur waktu harian untuk menyeimbangkan antara pekerjaan, istirahat, serta menjalani kehidupan pribadi.

7. Miliki communication skill

Hal terakhir yang perlu kamu miliki adalah communication skill yang baik. Kepandaian berkomunikasi diperlukan untuk membangun dan membina hubungan baik dengan rekan kerja serta klien atau customer.

Communication skill yang baik dapat mengurangi konflik sehari–hari yang mungkin terjadi dalam memenuhi apa yang dibutuhkan rekan kerja maupun klien atau customer.

Baca juga → Jangan Takut Memulai Bisnis, Ketahui 6 Faktor Kuncinya

Itulah tujuh cara yang dapat diterapkan oleh seorang fresh graduate atau mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan menyandang gelar fresh graduate.

Sebelum menerapkan tujuh tip itu, kamu perlu mampu mengenal diri sendiri, sebagai bagian dari strategi persiapan untuk menghadapi dan menaklukkan dunia kerja.

Dunia kerja bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti, tetapi harus dihadapi dengan persiapan yang baik. Jalani dengan sepenuh hati dan hidupi apa yang kamu jalani.


(Laurentius Calvin Santoso)

ilustrasi foto atas: nopphonpattanasri

editor: MA

edukatif pendidikan
5 bintang | 3 penilai