Museum Batik Indonesia Ruang 7

Warisan Budaya Indonesia Naik Pamor, Batik Bukan Tren

Batik adalah kebanggaan budaya Indonesia yang diakui dunia. UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya nonbendawi pada 2 Oktober 2009. Batik bukan sekadar tren, tetapi warisan adiluhur.

Diana Santosa, Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia mengatakan, “Batik bukanlah sebuah tren, melainkan warisan budaya yang harus dijaga.”

Museum Batik Indonesia Ruang 5 (Perkembangan Batik)
Salah satu ruang pamer Museum Batik Indonesia menampilkan koleksi batik yang menunjukkan perkembangan batik di Indonesia. (sumber: museumbatik.kemdikbud.go.id)

Baca juga → Menilik Sejarah Batik Terlarang

Museum Batik Indonesia

Museum Batik Indonesia pada hari itu dipenuhi 125 pembatik yang bersama-sama membatik beragam motif mewakili 33 daerah di Indonesia. Serangkaian acara yang digelar oleh Yayasan Batik Indonesia itu bertujuan edukatif untuk mendukung pelestarian batik Nusantara.

Peresmian Museum Batik Indonesia 2023
Acara peresmian Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (2/10/2023). (sumber: kemdikbud.go.id)

Batik Tulis Lasem Naik Pamor

Baru-baru ini batik Lasem dipopulerkan kembali melalui berbagai upaya dari berbagai pihak. Kemendikbudristek pun ikut memfasilitasi dan mendorong terjalinnya kolaborasi antara pihak akademisi, industri, dan pengusaha batik.

Batik Lasem di ajang kompetisi internasional itu melawan belasan karya inovatif lainnya dari berbagai negara. Masing-masing karya membawa isu pelestarian budaya dan inovasi yang berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga → Batik Lasem Indonesia Tembus Seoul Design Award 2023

Yosepin Sri Ningsih, koordinator tim peneliti dari UK Maranatha pengusung karya “The New Face of Batik Lasem Industry” menyebutkan bahwa proses seleksi dan penilaian Seoul Design Award 2023 sangat ketat. “Persyaratan dan submission cukup berat, hampir seperti laporan tesis,” kata Yosepin seraya bercanda (5/10/2023).

“Yang dinilai adalah impact dan proses. Tidak semata-mata karya berupa produk, tetapi hasil dan dampak kinerja bertahun-tahun,” jelas Yosepin.

Welas Asih (karya Kirana)
Salah satu koleksi batik Lasem bertajuk “Welas Asih” karya desainer FSRD Maranatha, Kirana Putri Kartawidjaja ditampilkan dalam pergelaran busana Evolusia 2022. (foto: dok. Evolusia 2022)

Baca juga → Pesona Istimewa Batik Lasem di Evolusia 2022

Inovasi untuk Batik Warisan Budaya yang Lestari

Patut menjadi perhatian kita bersama, beberapa momentum yang ikut mengukir perjalanan batik Indonesia, khususnya dalam suasana Hari Batik Nasional 2023, sebagai berikut.

Bangkitnya Batik Wajah Indonesia di Hadapan Dunia

Hari Batik Nasional 2023 Jokowi
Unggahan Presiden Joko Widodo memperingati Hari Batik Nasional 2023. (sumber: IG @jokowi)

Mengutip unggahan Presiden Joko Widodo memperingati Hari Batik Nasional 2023, “Batik adalah jendela kebudayaan Indonesia. Melalui motif dan warnanya yang sarat filosofi, yang terpampang indah di atas bentangan kain dan telah diterapkan pula di berbagai medium, batik membawa wajah Indonesia ke hadapan dunia.”

Dengan segenap kelebihan dan keunikannya itu, keindahan batik bertahan melintasi zaman.

Presiden Joko Widodo

(Ditulis oleh Iwan Santosa)

foto atas: Ruang Pamer Museum Batik Indonesia

aktual edukatif opini pilihan rekomendasi
5 bintang | 3 penilai