Goldy's Smokery IG

Bisnis Keren Berasap, Awalnya Eksperimen

Saya memulai bisnis ini karena ketertarikan saya pada eksperimen makanan daging asap. Awalnya hanya mencoba-coba, ternyata konten yang saya buat itu menarik perhatian dan minat teman untuk mencoba.

Kemudian saya coba menjual makanan ini secara online. Pertama-pertama hanya teman-teman saja yang membeli. Suatu ketika saya berpikiran, berjualan tidak boleh bergantung hanya pada pesanan teman saja. Lalu saya melakukan ekspansi dengan melakukan branding produk yang dibuat sesuai dengan karakter bisnis saya. Kemudian saya membuat media sosial yang berisikan konten-konten tentang daging asap, hingga melakukan promosi menggunakan Instagram ads agar promosi saya dapat tersebar dengan baik.

Dari situ saya melihat bahwa branding dan promosi produk sangat penting dalam strategi pemasaran online. Branding dan promosi yang baik dapat menghasilkan peminatan konsumen yang cukup besar.

Logo dan Kepercayaan Konsumen

Langkah-langkah awal yang saya lakukan untuk membuat branding produk dimulai dari membuat logo. Saya menggunakan lambang tempat pengasapan daging yang unik, karena tempat pengasapan saya memiliki keunikan bagi produk saya.

Logo itu menggunakan aksen warna emas sebagai tanda bahwa produk kami dibuat dengan premium dan sesuai dengan nama usaha saya. Lalu pemberian warna biru pada latar belakang yang dapat melambangkan perhatian pada resep makanan, atau sangat memerhatikan resep makanan yang digunakan, juga melambangkan bahwa produk dapat dipercaya konsumen.

Langkah selanjutnya adalah pembuatan kemasan dengan seunik mungkin. Kemasan juga harus sekuat mungkin agar higienis dan menjaga kondisi daging.

Promosi Online

Setelah urusan branding selesai, berikutnya saya melakukan pembuatan akun Instagram dan Tokopedia untuk transaksi. Dalam akun Instagram tersebut saya menjelaskan brand yang saya buat, agar ketika konsumen melihat feed usaha saya, konsumen tahu bagaimana cara pengolahan makanan tersebut.

Dengan begitu konsumen akan percaya terhadap produk saya.

Selanjutnya, akun Tokopedia digunakan sebagai akun pembelian produk daging asap. Di situ terdapat beragam produk dan penjelasan produk. Setelah Instagram dan Tokopedia selesai dibuat, saya meminta teman saya untuk mengikuti Instagram bisnis saya. Hal itu dilakukan untuk memancing pengikut baru pada Instagram.

Chicken wrapped with beef bacon_IG goldys.smokery
Chicken Wrapped with Goldy’s Smokery Beef Bacon Special Rub

Langkah berikutnya, untuk menyebarluaskan produk tersebut, saya menggunakan Instagram ads agar sasaran konsumen yang saya tuju dapat diraih. Lalu pada bagian Tokopedia saya menggunakan top ads agar semua produk saya muncul paling atas, sesuai dengan kata kunci yang saya gunakan.


(Aldi Lucky Ramadhan)

sumber foto: IG goldys.smokery

bisnis khusus
5 bintang | 3 penilai