Selvina Koesyamin

Cerita Selvina Hasilkan 1 Miliar di Usia Muda, Pernah Mau Menyerah

Namanya Selvina Koesyamin, ia adalah partner bisnis saya. Penghasilannya mencapai satu miliar rupiah, padahal usianya masih sangat muda. Itulah mengapa saya menuliskan ceritanya di sini.

Lulus kuliah jurusan food and technology dari Universitas Pelita Harapan, Selvina kemudian membuka sebuah klinik kecantikan bernama BEAUX.ID Beauty and Academy di Jakarta. Meski usaha klinik kecantikannya dapat memberikan kebebasan finansial, tetapi Selvina menyadari, ia tidak memiliki kebebasan waktu.

Selvina kemudian mencoba menjalankan bisnis networking, setelah mendengarkan penjelasan tentang passive income dari seorang mentornya. Ia meyakinkan Selvina bahwa bisnis HDI (High Dessert Indonesia) bisa membangun aset networking, yang memungkinkan adanya time and money freedom.

Baca juga Ramai OVO Dicabut dan Facebook Hilang dari IG, Segitunya Arti Sebuah Nama?

Tantangan Citra Negatif

Selvina sebelumnya tidak pernah berpikir untuk berbisnis networking. Banyak orang yang memandang bisnis networking adalah MLM (Multi-Level Marketing) yang bercitra negatif. Orang tuanya pun sangat menentang Selvina menjalankan bisnis tersebut.

Saya juga mengalami kendala serupa ketika mengenalkan produk-produk HDI kepada generasi milenial dua tahun lalu. Generasi milenial belum aware terhadap masalah kesehatan, dan produk-produk kesehatan belum menjadi suatu kebutuhan.

Namun semua tantangan itu berbuah manis ketika saya bisa membantu rekan kerja di recognition, meraih apresiasi luar biasa dari perusahaan, dan membuat mereka merasa terbantu dengan bisnis ini dalam segi finansial maupun kesehatan. Hal ini merupakan suatu achievement besar.

Dampak Pandemi

Saat memulai bisnisnya, Selvina Koesyamin mengalami kesulitan. Ia mengaku hampir mau menyerah karena tidak mendapatkan dukungan dari orang tua, dan ia mengalami berbagai penolakan. Income yang ia dapatkan pun habis digunakan untuk membiayai transportasi ke luar kota, untuk membangun network-nya.

Enam bulan kemudian, Indonesia terpapar pandemi Covid-19. Usaha salon kecantikan Selvina sedikit terguncang. Namun hal sebaliknya terjadi pada bisnis networking-nya. Bisnisnya ternyata berjalan lancar, bahkan omzet meningkat hingga seratus persen. Ia pun mulai fokus menjalankan bisnisnya itu. Dalam waktu kurang dari satu tahun, penghasilannya mencapai 300 juta per bulan. Maret 2021 lalu, ia mendapatkan penghasilan lebih dari satu miliar.

Baca juga Muda Kaya Raya, Tua Bahagia, Merry Riana Menyebut Rahasianya

Selvina Koesyamin merasa hal itu seperti mimpi. Pencapaiannya luar biasa. Ia juga dapat memberikan hadiah mobil untuk kedua orang tuanya. Selvina bersyukur bisa meraih posisinya saat ini sebagai royalty winner.

Ia berpendapat bahwa kelebihan HDI adalah ketika kita bisa membantu orang lain sukses dan merasakan manfaat bagi diri sendiri. Selvina Koesyamin saat ini juga menjadi pemegang saham termuda HDI, serta founder dari SMA Selamat Pagi Indonesia.

Rahasia Sukses Selvina Koesyamin

Di balik kesuksesan Selvina, ada enam hal yang ia lakukan.

  • Berdoa untuk diri sendiri, keluarga, maupun orang lain
  • Punya impian yang besar (dan realistis)
  • Konsisten dan fokus pada tujuan
  • Terus belajar, tidak merasa cepat puas
  • Bersyukur
  • Melayani rekan kerja sepenuh hati 

Itulah rahasia kesuksesannya. Menjadi sukses di usia muda itu bisa, asalkan kita mau melakukannya.

Faith + Action = Miracle

Semangat!


(Veronica)

sumber gambar atas: IG selvinakoesyamin

bisnis khusus
5 bintang | 4 penilai