ISOOS Gemini Terracotta

Dari Bandung Menuju Worldwide Fashion Industry

Pandemi saat ini sangat mengubah semua kehidupan kita. Selain dampak negatif, ada juga segi positif yang dirasakan. Saya sendiri merasakan, pandemi ini membuat saya memiliki lebih banyak waktu dan berkesempatan untuk mencoba banyak hal. Karena memiliki waktu yang lebih banyak, maka saya mencoba mengisi waktu dengan membuat sebuah bisnis.

Bisnis itu bernama ISOOS STUDIOS.

ISOOS memiliki arti “In Season Out of Season”. Berdiri pada tahun 2020, bulan Juni lalu kami baru saja menginjak usia satu tahun. ISOOS dimiliki oleh saya dan kedua sahabat saya. Awal mula tercetus bisnis ini adalah karena minat dan passion kami dalam dunia fashion.

Sebetulnya keinginan untuk membuat bisnis di bidang fashion sudah sempat kami bicarakan sebelum masa pandemi. Namun karena kesibukan kami, keinginan itu belum bisa terwujud saat itu. Sekarang saya merasa bersyukur karena dapat menggapai hal yang saya inginkan bersama sahabat saya.

Cita-Cita Besar Modal Pas-pasan

Berawal dari modal yang pas-pasan, kami hanya membuat empat artikel pakaian. Saat ini kami sudah mengeluarkan empat season dengan total 20 artikel pakaian. Pada masa awal bisnis ini, kami berfokus pada penjualan online. Namun dengan banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan kami membuka store, sekarang kami sudah memiliki store di Jalan Trunojoyo, Bandung.

Walaupun memiliki offline store, kami tetap fokus dalam penjualan online menggunakan e-commerce sebagai medianya. Sebagai pebisnis, saya juga harus terus belajar dan tidak ketinggalan dengan perkembangan digital marketing yang meningkat tajam. Platform e-commerce seperti marketplace sangat membantu kami, dibandingkan dengan membuat website sendiri yang membutuhkan dana cukup besar.

ISOOS Studios Shopee
Koleksi produk ISOOS STUDIOS di salah satu marketplace online (sumber: shopee.co.id/isoos.studios)

Inspirasi dan Kolaborasi

Inspirasi kami dalam bisnis ini banyak sekali. Kami sering membaca majalah-majalah fashion seperti The New York Times Style Magazine dan Sabato Magazine. Role model fashion bisnis kami adalah Peter Do dan Feng Chen Wang. Intinya, inspirasi kami adalah konsep yang refreshing.

“Kami memiliki cita-cita, ISOOS STUDIOS bisa dilihat di mata wordwide fashion industry.”

ISOOS saat ini sedang menggarap limited season kolaborasi dengan pelukis muda yaitu Bening. Kami merasa kolaborasi sangatlah penting, apa pun industrinya. Menurut saya pribadi, bila kita ingin lebih berkembang lagi, kolaborasi adalah strategi yang pas. Melalui kolaborasi, kami mencoba untuk memperkenalkan pelukis muda Bandung yang sangat berpotensi. Kolaborasi juga bertujuan untuk saling mengangkat brand image dari pihak masing-masing.

Baca juga → Marketing oleh Beauty Influencer, Yes or No?

Strategi Branding

Salah satu bagian dari strategi branding yang kami gunakan adalah bekerja sama dengan influencer sesuai dengan brand image yang akan dibentuk. Contohnya, kami pernah bekerja sama dengan Dinda Yasmin. Kerja sama itu sangat berpengaruh bagi kami karena ia dapat memperkenalkan produk-produk ISOOS sesuai dengan konsep yang kami mau, dan tentunya bisa sampai ke audience yang sudah ditargetkan.

Strategi branding bertujuan untuk membuat bisnis lebih berkembang dan meningkatkan penjualan. Kami juga berusaha memahami konsumen, understand their lifestyle, concerns, problems and needs. Memahami konsumen akan sangat membantu perkembangan bisnis kita.

Dari sekian banyak proses yang telah dilalui, kami dapat merasakan perkembangan bisnis ini. Walaupun belum sebesar bisnis fashion lainnya, kami sangat optimis dengan mimpi ISOOS STUDIOS.

Kunci Menuju Sukses

Kunci kesuksesan bisnis yang saya yakini adalah bahwa kita harus optimis. Apa yang kita lakukan harus dijalani dengan hati, mengalahkan segala keraguan yang ada, dengan pengetahuan yang kita miliki.

Baca juga → Gagal Puluhan Kali, Jadilah Dimsum Kelas Sumo

Saya rasa, kuncinya adalah jangan samakan setiap proses yang kita jalani itu dengan proses yang orang lain lakukan, karena setiap orang memiliki jalan dan waktunya masing-masing untuk mencapai kesuksesannya. Harus selalu diingat bahwa masa depan kita bergantung pada apa yang sedang kita lakukan saat ini.


(Putri Puspita Dewi)

sumber gambar atas: ISOOS STUDIOS

Temukan artikel bisnis lebih lengkap di sini → Manis Getir Dunia Bisnis

bisnis khusus
5 bintang | 2 pendukung