Nasi Goreng Yummy

Gaya Mewah Nasi Goreng Yummy Koki Kita

Ada kalanya angin mager tiba-tiba datang. Rencana masak-masak mewah pun buyar kalau sudah begitu. Untungnya, hari ini ada junior chef yang mengambil alih situasi. Koki pengganti hari ini menawarkan menu “Nasgor”.

“Dah gitu doang?”

Mulanya saya pikir nasgor biasa saja. Setelah gusrak-gusruk srong-sreng sekitar setengah jam, tiba-tiba si kecil putraku yang sekarang tidak lagi sekecil dulu, menyuguhkan sepiring nasi goreng yang jauh dari perkiraan sebelumnya. Penampilannya seperti yang di restoran, aromanya harum. Angin mager pun lewat. Langsung saya bergegas untuk menyantapnya.

Ternyata enak banget. Batal mager, saya pun nambah dua porsi. Maaf, hari ini gembul.

“Kamu pake bumbu apa masaknya?” tanya saya. Koki cilik menjawab, “Bumbu rahasia…!” Sambil terlihat sisa-sisa potongan bawang dan timun di talenan, juga robekan kemasan bumbu jadi. Ketahuan juga lah, lawan chef mom mah.

Saya berhasil mengorek resepnya, dan kita sebut saja menu hari ini “Nasgor Yummy Gaya Mewah”. Cuuss…!

Resep “Nasgor Yummy Gaya Mewah”

Baca ini juga → Pecai Orak-arik Jamur Kuping, Meriah Bergizi Tinggi

Siapkan bahan-bahannya

  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Bumbu kemasan instan 1 bungkus
    (resep ini memakai Kokita Yummy Fried Rice)
  • Bakso 5 butir
  • Sosis sapi 3 buah
  • Telur ayam 3 butir
  • Nasi putih 2-3 porsi

Cara membuat

  1. Potong tipis-tipis bawang merah dan bawang putih
  2. Potong sosis dan bakso menjadi potongan kecil sesuai selera
  3. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan potongan bawang merah dan putih
    🍳 Aduk-aduk sebentar sampai aromanya harum
  4. Masukkan telur
    🍳 Diorak-arik sampai setengah matang
  5. Masukkan sosis dan bakso
    🍳 Lanjutkan orak-arik sampai sosis dan baksonya matang
  6. Masukkan nasi putih, lalu aduk-aduk
  7. Masukkan bumbu instan
    🍳 Aduk-aduk lagi sampai rata

Yummy!

Sambil mengaduk-aduk, aroma harum seperti yang tercium tiap kali lewat warung tenda depan kompleks pun semerbak memenuhi rumah. Aromanya langsung membuat lapar.

Setelah rata dan matang, siap disajikan dengan timun dan kerupuk. Supaya lebih mewah, tambah taburan bawang goreng dan sedikit sambal bawang.

Nasi Goreng Yummy Kokita
Sajian nasi goreng yummy gaya mewah

Walaupun pakai bumbu jadi, nasgor ini lebih fresh karena dicampur bumbu segar, juga makin lezat dengan tambahan sosis dan bakso. Tidak hanya penampilannya bergaya restoran, aroma dan rasanya pun ngga kalah, apalagi disantap hangat-hangat pas lapar.

Pengalaman hari ini, jangan sepelekan bumbu instan kemasan. Ternyata mudah juga untuk dibuat menjadi mewah!

Nasi Goreng Yummy
Nasi Goreng Yummy
Ditambah sambal bawang, rasanya makin nendang

Menu Rakyat Mendunia dari Koki Kita

Eh, tau ngga? 

Berbahagialah kita-kita yang tinggal di Indonesia, bisa dengan mudahnya menemukan salah satu makanan terenak di dunia. Ya, betul! Nasi goreng pernah dinobatkan menjadi makanan terenak kedua sedunia setelah rendang. Bersama dengan empat makanan lezat lainnya, nasgor bahkan didaulat menjadi ikon kuliner Indonesia yang dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata beberapa tahun lalu.
  
Betapa populernya nasi goreng di Indonesia, kita bisa menemuinya di mana pun. Nasi goreng atau lazim disingkat nasgor jadi menu andalan kala malam tiba, dijajakan oleh para pedagang gerobakan. Nasgor atau sebutan globalnya fried rice juga jadi menu andalan sarapan hampir semua hotel bintang berapa pun. Nasgor bisa menjadi menu mahal kelas restoran, bisa juga jadi menu sangat sederhana. Di dapur rumahan, nasgor mudah menjadi pilihan ketika kreativitas mulai mentok. Tinggal menggoreng nasi dengan beberapa bumbu, jadilah nasgor lezat.  
  
Mau lebih praktis lagi, kita bisa masak nasgor hanya bermodal nasi putih dan sebungkus bumbu jadi dalam kemasan. Tanpa ditambah apa-apa lagi pun kita sudah bisa menikmati nasgor level basic, apalagi bila bumbu kemasannya tepat. Salah satu bumbu jadi yang paling senior adalah bumbu nasgor Kokita, yang tentunya sudah kita kenal sejak lama. Bumbu nasgor Kokita sudah cukup enak tanpa ditambah apa pun, apalagi bentuk bumbu berupa pasta yang lebih otentik bila dibandingkan jenis bumbu instan berupa serbuk. Bumbu nasgor Kokita ini juga mudah untuk di-upgrade menjadi lebih mewah, seperti resep kali ini. 
  

Dua rasa nasgor Kokita
  
Bumbu nasgor kokita mudah dijumpai di toko-toko swalayan atau warung kelontong. Satu bungkus 60 gram harganya ngga sampai ceban, bisa dimasak untuk dua porsi nasgor. Di pasaran, bumbu nasgor Kokita tersedia dua macam, yaitu Kokita Bumbu Nasi Goreng (Fried Rice Seasoning) dengan bungkus berciri warna merah, dan Kokita Bumbu Nasi Goreng Sedap (Yummy Fried Rice Seasoning) dengan bungkus berciri warna kuning. Kokita Bumbu Nasi Goreng yang bungkusnya merah, ada tiga pilihan tingkat pedasnya, yaitu extra mild, mild, dan hot.
  
Dalam pasta bumbunya, terkandung komposisi utama bawang merah, bawang putih, tomat, kecap, cabai merah, garam, rempah-rempah, dan gula. Sensasi otentik dari bumbu pasta ini adalah adanya potongan-potongan bawang dan cabai yang masih tampak di sajian nasgornya. 
Kokita Bumbu Nasi Goreng Merah dan Kuning 60 Gram
Kokita bumbu nasi goreng kemasan merah dan kuning 60 gram
Enak mana?
  
Sebetulnya, agak sulit menentukan mana di antara keduanya yang lebih enak, karena rasa keduanya punya ciri khas. Penyuka pedas pasti lebih suka varian Kokita Bumbu Nasi Goreng merah yang level hot. Rasa pedasnya sangat dominan. Kokita Bumbu Nasi Goreng Sedap yang bungkus kuning juga ada sedikit rasa pedasnya, tetapi hanya sekadar pedas selewat saja.
  
Yang paling membedakan antara bungkus merah dan kuning adalah cita rasanya. Bungkus merah terasa lebih tradisional, dan ada sedikit aroma seperti bumbu terasi. Bumbu yang bungkus kuning terasa lebih ringan dan modern. Kedua varian Kokita ini bisa dijadikan bumbu dasar untuk membuat nasi goreng yang lebih kreatif dan lebih spesial.  

resep dan foto sajian: @dapurpagi
sumber gambar icon: vecteezy.com

Lihat koleksi resep lainnya di sini → Koleksi Resep Rumahan

Baru tau kolak dulunya makanan bangsawan — (Kolak Campur Mutiara)

Dapur Mama
Dapur Mama07-06-2021
Google

Cocok untuk akhir bulan bun 🥬🥬🥬 — (Pecai Orak-arik Jamur Kuping)

ranisulas3
ranisulas322-06-2021
Google

Pisang tanduk enak diapain aja. Kolak oke. Pisang aroma juga oke. Karamelnya melt gitu 😍😍😍 — (Pisang Aroma)

Dapur Mama
Dapur Mama21-06-2021
Google

Tnyata gampang bikinnya. Mantap Bun! — (Kolak Campur Mutiara)

RiniFoodie
RiniFoodie07-06-2021
Google

Yummy manteppp — (Nasgor Yummy)

ranisulas3
ranisulas316-07-2021
Google

Baru pizza-pizzaan aja udah ngabibita... 😋🤤 — (Twisted Bread Pizza)

RiniFoodie
RiniFoodie21-06-2021
Google

Tuliskan ulasanmu untuk resep ini:

Name
Comment

khusus sedap
0 bintang | 0 penilai