Bunga Patrakomala

Kampus Ini Punya Batik Kebanggaan Motif Patrakomala Ikon Kota Kembang

Para lulusan kampus Maranatha, Bandung semakin berbangga saat mengikuti upacara wisuda, karena mereka mengenakan toga dengan motif batik rancangan khusus. Tidak hanya wisudawan saja berhak memakai busana batik khas Maranatha tersebut, tetapi juga senat universitas dan tenaga kependidikan.

Motif batik khas Maranatha menampilkan ikon Kota Kembang, yakni bunga patrakomala. Stilasi patrakomala atau bernama latin Caesalpinia pulcherrima dipadukan dengan motif kawung dan motif floral dalam jalinan pola catur dan anyaman bambu. Motif khas tersebut mengisahkan makna mendalam untuk mengiringi perjalanan wisudawan dan warga kampus Maranatha yang mengenakannya.

Baca juga → Pesona Istimewa Batik Lasem di Evolusia 2022

Perancang motif batik Maranatha, Andi Aulia Hamzah dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Kristen Maranatha menjelaskan makna dan filosofi yang terkandung dalam motif batik ciptaannya.

“Bunga patrakomala ikon Kota Bandung ditampilkan berupa stilasi bunga dilihat dari atas. Kemudian ada motif kawung yang dikenal sebagai lambang kehidupan manusia yang unggul, bermanfaat, dan berguna,” paparnya dalam acara syukuran akhir tahun di kampus Maranatha, Bandung (20/12/2022).

Toga Batik Maranatha
Wisudawati mengenakan busana toga dengan aksen kain batik bermotif khas Maranatha (28/5/2022). (foto: dok. UK Maranatha)

Patrakomala Si Kembang Merak Ikon Flora Bandung

Pemerintah Kota Bandung menetapkan bunga patrakomala sebagai ikon flora Kota Bandung bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup 1998. Penetapan bunga patrakomala sebagai ikon dimaksudkan agar Kota Bandung dikenal dengan ciri khas flora yang menjadi daya tarik khusus.

Baca juga → Bunga-Bunga Dusun Bambu, Oh Cantiknya!

Selain sebagai tanaman, patrakomala juga sudah dikenal sejak lama oleh warga Bandung sebagai nama salah satu jalan di dekat Stadion Siliwangi, Kecamatan Sumur Bandung.

Bandung Lautan Api, Bandung Kembali Bergelora

Patrakomala Stilasi BLA
Ornamen bunga patrakomala di salah satu monumen peringatan peristiwa Bandung Lautan Api, buatan seniman kenamaan Bandung, Sunaryo. (sumber: Indonesia Public Art Archive)

(am)

foto atas: Caesalpinia pulcherrima (by Jim Robbins)

liputan
5 bintang | 4 penilai