Shopee vs Tokopedia

Lebih Enak Jualan di Shopee atau Tokopedia?

Banyaknya marketplace di Indonesia saat ini sangat membantu para pelaku bisnis untuk berjualan secara online. Dua marketplace yang sangat populer dan memiliki peringkat teratas di Indonesia adalah Shopee dan Tokopedia. Banyak pelaku bisnis yang memulai usahanya dengan membuka toko online di kedua marketplace itu.

Pada era digital sekarang ini para pelaku usaha yang telah memiliki toko fisik pun memiliki toko online. Toko online saat ini lebih berjaya daripada toko offline dengan banyaknya manfaat dan kemudahan yang ditawarkan. Salah satu kemudahan online marketplace adalah banyaknya pilihan jasa pengiriman barang, baik dalam kota, antarkota, maupun antarpulau.

Bagi yang ingin memulai berjualan online, mungkin akan merasa bingung membuka toko di marketplace, dengan banyaknya aplikasi marketplace yang tersedia di Android maupun iOS. Biasanya Shopee dan Tokopedia menjadi pilihan pertama. Kedua platform ini banyak digunakan karena kemudahan penggunaan aplikasi, metode pembayaran, dan adanya promo atau diskon.

Mari kita bahas keunggulan dari masing-masing marketplace itu.

Baca juga → Buka Bisnis UMKM? Ini Daftar Aplikasi Android yang Harus Kamu Punya

Keunggulan Shopee

1. Ekspor Barang

Shopee memiliki keunggulan bisa mengekspor barang ke beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina sehingga membuat kita dapat menjangkau target market yang lebih luas.

2. Gratis Ongkir

Keunggulan Shopee yang kedua yaitu memiliki voucher gratis ongkir dengan minimal pembelian 30 ribu rupiah. Saat ini voucher gratis ongkir Shopee adalah voucher dengan syarat minimal pembelian yang paling kecil daripada marketplace lain.

3. Cashback

Keungulan yang ketiga, kita juga dapat mendaftarkan tagGratis Ongkir Xtra” dan “Cashback Xtra” untuk menambah keuntungan bagi pembeli. Ada juga tagStar Seller” maupun “Star+” yang diberikan Shopee kepada penjual yang telah memenuhi kriteria, yaitu memiliki tingkat penjualan tertentu. Fitur ini memudahkan pembeli untuk mengetahui seller terpercaya atau tidak.

Etalase Shopee
Etalase produk rekomendasi berlabel Gratis Ongkir Xtra, Cashback Xtra, dan Star (sumber: shopee.co.id)

4. Foto dan Video Produk

Keunggulan yang keempat, di Shopee kita bisa meng-upload banyak foto produk dan bisa juga meng-upload video untuk menjelaskan lebih detail tentang produk yang dijual.

5. Iklan Lebih Murah

Shopee saat ini menyediakan iklan berbayar dengan harga yang lebih murah daripada marketplace lainnya, yaitu dengan minimal top-up iklan sebesar 25 ribu rupiah.

Baca juga → Baru Jualan di Shopee, Bagaimana Pemain Baru Bersaing dengan Pemain Lama?

Keunggulan Tokopedia

1. Banyak Pilihan Pengiriman

Tokopedia memiliki keunggulan adanya fasilitas 12 jasa pengiriman. Saat ini pilihan jasa pengiriman yang dimiliki Tokopedia lebih banyak ketimbang marketplace yang lain.

Pilihan Pengiriman Tokopedia
Tokopedia menyediakan banyak layanan pengiriman barang (sumber: seller.tokopedia.com)

2. Tokopedia-Gojek

Salah satu dampak kerja sama antara Tokopedia dengan Gojek adalah adanya voucher gratis ongkir menggunakan kurir Gosend. Voucher ini menjadikan ongkos kirim lebih murah dibandingkan menggunakan Gosend manual.

3. Asisten Penjual

Keunggulan Tokopedia berikutnya adalah adanya asisten penjual. Adanya sistem asisten penjual pada toko dapat membantu peningkatan penjualan kita setiap minggunya. Fitur ini akan memberikan informasi seputar promo maupun cara-caranya melalui Whatsapp.

4. Sasaran Pasar

Ada hasil survei yang menyebutkan bahwa Tokopedia lebih disukai oleh laki-laki, sedangkan kaum perempuan lebih suka berbelanja di Shopee. Hal ini mungkin berkaitan dengan barang-barang yang dijual di masing-masing marketplace itu. Para penjual di Shopee banyak yang menjul produk-produk kecantikan dan fashion, sedangkan di Tokopedia lebih banyak yang menjual produk-produk perlengkapan rumah, gadget, dan barang-barang yang umumnya dibeli oleh kaum laki-laki.

Statistik Wawasan Toko
Fitur statistik pengelolaan toko untuk memantau penjualan (sumber: seller.tokopedia.com)

Nah, itulah beberapa keunggulan dua marketplace populer di Indonesia. Kalian lebih tertarik untuk berjualan di mana nih? Shopee atau Tokopedia?

Kedua marketplace tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Kita tinggal menyesuaikan serta memilih yang sesuai dengan produk dan target market yang akan dituju. Keduanya tentu akan sangat membantu kita dalam berjualan online.


(Tykezia Yovela)

Temukan artikel bisnis lebih lengkap di sini → Manis Getir Dunia Bisnis

bisnis khusus
5 bintang | 3 penilai