Coca-Cola (by Maximilian Bruck)

Lima Alasan Mengapa Branding Sangat Penting

Branding adalah hal yang sangat penting dalam membangun bisnis. Sebuah nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan, adalah salah satu bentuk dari praktik pemasaran yang disebut dengan branding.

Branding membantu konsumen mengidentifikasi suatu produk dan jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan, dan apa yang membedakannya dari kompetitor dalam industri yang sama.

Branding membantu perusahaan membuat suatu kesan di benak konsumen dan memungkinkan mereka untuk mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan tersebut.

Tehbotol Sosro
Tehbotol Sosro adalah salah satu produk minuman milik PT Sinar Sosro dengan branding yang sangat kuat di Indonesia. (sumber: tehbotolsosro.com)

Branding adalah adalah cara membedakan sebuah bisnis dari pesaingnya atau kompetitornya, dan menyampaikan pesan bahwa apa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut adalah produk atau jasa yang lebih baik daripada bisnis lainnya. Brand atau merek yang kita bangun akan menjadi representasi sejati dari jati diri dan kesan dari bisnis yang kita bangun.

Branding memanfaatkan berbagai media seperti iklan, layanan pelanggan, promosi, reputasi, dan logo untuk menyampaikan dan menunjukkan pesan dan kesan dari sebuah bisnis. Semua elemen ini bekerja bersama untuk membuat satu profil bisnis yang profesional, unik, dan menarik perhatian.

Baca juga Brand Fashion Misterius ala Jennie Blackpink, Strategi Bagus?

Mengapa Branding Penting untuk Kesuksesan Bisnis?

Branding sangat penting bagi sebuah bisnis karena dampak keseluruhannya terhadap bisnis dan perusahaan. Branding dapat mengubah cara konsumen memandang bisnis kita, juga dapat meningkatkan pengenalan dan kesadaran mereka tentang bisnis kita.

1. Branding Membantu Pengenalan Merek

Alasan terpenting mengapa branding penting bagi bisnis, adalah karena branding merupakan cara perusahaan mendapatkan pengakuan dan dikenal oleh konsumen.

Elemen terpenting dari branding terutama yang terkait dengan faktor bisnis adalah logo. Pada dasarnya logo adalah wajah perusahaan. Itulah sebabnya mengapa desain logo untuk sebuah bisnis harus terlihat profesional, kuat, dan mudah diingat.

Branding dapat mengirimkan pesan dan kesan tentang sebuah bisnis kepada konsumen sejak pandangan pertama.

2. Branding Meningkatkan Nilai Bisnis

Pengelolaan branding yang bagus sangat penting bagi masa depan sebuagh bisnis. Brand atau merek yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis dengan membuat sebuah bisnis lebih berpengaruh di industrinya sendiri. Hal ini dapat membuka peluang investasi yang besar karena nilainya yang tinggi di pasar.

3. Branding Menghasilkan Pelanggan Baru

Sebuah merek yang baik tidak akan menemui kesulitan dalam meyakinkan calon pembeli. Branding yang sukses bisa dilihat dari banyaknya kesan positif yang diberikan konsumen terhadap sebuah bisnis. Pelanggan tidak akan berpikir terlalu panjang untuk melakukan pembelian dari bisnis yang mereka percaya dan terasa akrab.

Setelah sebuah brand mencapai kesuksesan, teknik promosi mulut ke mulut (word of mouth) akan menjadi teknik periklanan terbaik dan paling efektif dari semua teknik lainnya.

Baca juga Ramai OVO Dicabut dan Facebook Hilang dari IG, Segitunya Arti Sebuah Nama?

4. Branding Menciptakan Kepercayaan

Penampilan profesional dan branding yang dirancang dengan baik akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan konsumen, calon klien, dan juga pelanggan. Orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki kesan profesional.

Branding yang tepat dapat menciptakan kesan bahwa bisnis kita adalah pakar industri, dan membuat publik merasa percaya pada produk dan jasa yang ditawarkan.

5. Branding Mendukung Efektivitas Iklan

Periklanan adalah komponen lain selain branding yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis. Strategi periklanan akan secara langsung mencerminkan merek, kesan, dan pesan yang ditampilkan oleh sebuah bisnis kepada khalayak atau calon pembelinya.

Periklanan dengan strategi branding yang kuat dari perusahaan terpercaya dapat memudahkan bisnis untuk membangun strategi periklanan yang kohesif, menarik, dan yang berperan baik dalam tujuan branding itu sendiri.

Baca juga Disneyland Juga Pernah Gagal

Jadi kesimpulannya, membangun citra merek atau branding adalah hal terpenting jika bisnis kita ingin membangun kepercayaan merek yang tinggi. Membangun identitas merek akan membuat setiap produk yang kita jual mendapatkan citra postif dari konsumen.


(Charles Andrianto)

referensi: Branding: in Five and a Half Steps (Michael Johnson)

ilustrasi foto atas: Maximilian Bruck on Unsplash

editor: MA

bisnis khusus
5 bintang | 2 penilai