Cetakan Expired Date pada Kemasan Makanan Kaleng

Sayang Dibuang, Makanan Expired Boleh Dimakan?

Libur Lebaran kemarin, kusempatkan beres-beres lemari dapur, merapikan wadah-wadah bumbu dan kudapan yang berserakan. Tidak sengaja “kutemukan” wadah permen impor dari luar negeri. Masih ada isinya, karena memang baru dimakan sedikit, lalu disimpan. Teringat dua tahun lalu saat seorang kerabat memberikan permen itu, oleh-oleh dari perjalanannya ke Taiwan. Gila juga, dua tahun berlalu tak terasa, dan setahun terakhir ini aku hanya berdiam diri di rumah, enggan pergi ke mana-mana. Gara-gara Covid sialan!

Pas mau dibuka, terlihat tulisan angka 20052019. Hanya angka itu yang kumengerti, karena sisanya tulisan huruf mandarin semua. Astaga, jangan-jangan sudah kedaluwarsa! Aku pun teringat pesan kerabatku saat memberikan permen dua tahun lalu. Katanya, “Ini permen baru yah, tanggal yang di kemasan itu bukan tanggal expired, tapi tanggal produksi. Di sana semua barang seperti itu, dicetaknya tanggal produksi. Yang jualnya bilang kuat disimpan sampai tiga tahun.” Rupanya dia tahu persis aku bakal kebingungan karena ngga bisa baca huruf mandarin. Jadi sebelum sempat bertanya, dia duluan menjelaskan.

Cara Mengetahui Umur Makanan

Bagaimana kita mengetahui kapan makanan masih aman untuk dikonsumsi? Kita dapat mengandalkan cetakan tanggal yang tertera pada kemasan makanan. Cukup mudah, tetapi cetakan tanggal ini terkadang sulit ditemukan. Letaknya pada kemasan bervariasi, ada yang dicetak kecil, juga ada yang tercantumnya dalam kemasan satuan di dalam wadah besarnya–bukan di kemasan paling luarnya. Penulisan teksnya pun ada beberapa jenis. Yang paling umum adalah “expired date” atau dalam bentuk singkatannya, “ED”. Ada juga yang lebih spesifik, “best before” dan “use by”. Apa bedanya?


1. EXPIRED DATE


2. BEST BEFORE

Best before atau ‘baik sebelum’ adalah batas tanggal makanan memiliki ketahanan untuk mempertahankan sifat spesifiknya ketika disimpan dengan benar. Penanggalan best before biasanya digunakan pada makanan beku, makanan kering, dan makanan kaleng.

Makanan yang sudah melewati tanggal best before sebetulnya masih dapat dikonsumsi asalkan disimpan dengan benar sesuai petunjuknya, walaupun mungkin sudah menurun kualitas maupun rasanya. Namun ingat, pastikan terlebih dahulu tidak ada tanda-tanda kerusakan makanan seperti adanya jamur, lendir, dan perubahan tekstur. Bila terdapat kejanggalan, sebaiknya jangan dikonsumsi.


3. USE BY

Teks tanggal use by atau ‘gunakan sebelum’ dapat diartikan sebagai tanggal maksimal suatu produk dapat dikonsumsi secara aman. Penanggalan ini biasanya digunakan pada makanan yang mudah busuk, seperti ikan, daging, dan susu. Setelah tanggal tersebut, akan terjadi peningkatan bakteri atau jamur yang mengakibatkan makanan membusuk, bahkan menjadi beracun. Jangan mengonsumsi makanan setelah melewati tanggal use by.


Jadi panduan umumnya, makanan yang tanggal pada kemasannya berupa best before masih bisa dikonsumsi setelah sebelumnya dipastikan tidak ada perubahan fisik dan rasa yang janggal. Makanan yang mencantumkan use by atau expired date, mendingan jangan coba-coba dikonsumsi, karena dapat membahayakan kesehatan.


(mia)

gambar atas: @mia.aruka

gagasan khusus
5 bintang | 3 penilai