Penampilannya adorable dan dipuja oleh miliaran penggemar. Di balik sosok K-pop yang menghibur, BTS menyimpan kekuatan besar yang mampu membawa Korea Selatan menembus dominasi global.
Sosok BTS beberapa waktu lalu memenuhi jagat maya Indonesia dalam kampanye mereka bersama dengan Tokopedia. BTS juga tampil dalam kampanye iklan Bank KB Bukopin, seiring perubahan nama Bank Bukopin setelah diakuisisi oleh KB Kookmin Bank. Mulai bulan lalu BTS kembali menghebohkan dunia dengan kolaborasi terbaru mereka bersama raksasa fast food Amerika McDonald’s.
Bangtan Sonyeondan atau Bulletproof Boy Scouts yang kemudian dikenal dengan BTS tidak saja entertainer yang rupawan, tapi juga telah menjadi ikon dunia musik dan pop culture masa kini. Mereka menorehkan banyak prestasi. Mereka juga menjadi salah satu aset terbesar Korea Selatan yang sangat bernilai bagi perjalanan Negeri Ginseng merajai kancah global. Fakta-fakta berikut ini membuktikan hal tersebut.
Tiga Fakta Kedigdayaan Boyband BTS
1. Bauran Seni dan Bisnis Tingkat Tinggi
BTS telah menjadi ikon musik Korea yang mendunia. BTS dan grup-grup K-pop lainnya tidaklah murni soal musik saja. K-pop adalah paduan gaya, busana, tata rias, koreografi, olah visual, olah suara. Genre musiknya pun beragam, dari pop hingga hip-hop. Tidak hanya unsur seni saja yang dikemas sedemikian apiknya, K-pop juga disokong strategi branding dan pemasaran mutakhir berskala raksasa.
Adalah Big Hit Entertainment, sebuah perusahaan besar yang berada di balik BTS. Berganti identitas menjadi BIGHIT Music per Maret 2021, entitas ini bernaung di bawah HYBE Labels. Perusahaan induknya adalah HYBE Corporation, terdiri dari HYBE Labels, HYBE Solutions, dan HYBE Platforms.
HYBE Labels menaungi BIGHIT Music, BELIFT Lab, HYBE Labels Japan, dan beberapa agensi afiliasinya termasuk Source Music, Pledis Entertainment, dan KOZ Entertainment.
Tidak hanya bergerak dalam industri musik, HYBE melalui HYBE Solutions juga mengelola bisnis konten video, IP, edukasi, dan games. Sedangkan HYBE Platforms mengelola bisnis teknologi berupa social networking dan platform hiburan.
Big Hit Entertainment resmi melantai di bursa Korea Selatan pada Oktober 2020, dengan valuasi sekitar 9,6 triliun won atau sekitar 122 triliun rupiah.
2. Gelombang Hegemoni Baru
Dunia showbiz global selama ini didominasi oleh negara barat, khususnya Amerika. Korea Selatan melalui Korean Wave dengan seksama memikirkan dan merencanakan langkah-langkah untuk mendobrak dominasi itu. Pemerintah Korea Selatan sudah sejak belasan tahun lalu menyiapkan infrastruktur, mendorong ekspansi industri, dan melakukan investasi besar-besaran untuk mewujudkan ambisi menjadi negara pengekspor budaya populer terkemuka.
Apakah berhasil?
Tentu saja!
BTS adalah grup K-pop pertama yang berhasil menembus nominasi Grammy. Single “Dynamite” mendapatkan nominasi Grammy Awards 2021 untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance, sejajar dengan bintang dunia lainnya termasuk Lady Gaga dan Taylor Swift. “Dynamite” juga berhasil menembus puncak teratas Billboard Hot 100.
Single terbaru mereka “Butter” pada awal Juni ini bahkan menduduki posisi teratas tiga tangga lagu sekaligus, yaitu Billboard Hot 100, Billboard Global Excluding United States, dan Billboard Global 200.
Sebelumnya, BTS juga berhasil menduduki posisi teratas daftar Billboard Artist 100 dan Billboard 200 melalui album “Love Yourself: Tear”. Tak hanya itu, BTS dalam beberapa tahun terakhir menjadi langganan tangga lagu Billboard.
BTS merupakan salah satu dari sekian banyak senjata Korea Selatan dalam upayanya membangun hegemoni baru, memperkuat citra Korea Selatan di mata dunia dengan cara yang sangat halus, menghibur, dan mudah diterima oleh siapa pun. Sebuah upaya yang amat sangat visioner, dan kini sudah terlihat keberhasilannya.
3. Memegang 23 Rekor Dunia
BTS merilis official music video single terbarunya “Butter” pada 21 Mei 2021. Tayangan premiere di YouTube itu ditonton oleh 3,9 juta viewer, dan meningkat hingga 108,2 juta penonton dalam 24 jam. Streaming pada platform Spotify pun mencapai 11,042,335 global streams dalam satu hari.
Guinness World Records pada 25 Mei 2021 mengumumkan lima rekor baru telah dipecahkan oleh BTS melalui perilisan “Butter”.
- The most viewers for the premiere of a music video on YouTube
- The most viewers for the premiere of video on YouTube
- The most viewed YouTube music video in 24 hours by a K-pop group
- The most viewed YouTube music video in 24 hours
- The most streamed track on Spotify in the first 24 hours
Dengan pencapaian lima rekor terbaru itu, BTS saat ini memegang total 23 rekor dunia.
(is)
gambar atas: salah satu scene dalam BTS “Butter” Official MV (YouTube HYBE Labels)
Ini juga menarik → Bikin Gempar, BTS Meal Ternyata Disokong Formula Ajib
Hallyu ROCKS The World!!
❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️
KR: “We are the number one culture exporter in the world!” 💰💰
ID: “Kita perlu mengenalkan budaya kita kepada dunia!” 📣📣
ARMY: “Saranghae Jimin, Jungkook, V, Suga, J-Hope, RM, Jin!” 💕💕
MCD: “Go grab some BTS Meal!” 🍟🍟
Wawww keren siihhh inii
https://unair.ac.id/