Wamendag Dyah Roro Esti di Maranatha 2024

Wamendag Roro Kepincut Batik Inovatif Produk Mahasiswa Maranatha, Unik & Langka

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Dyah Roro Esti tiba-tiba melangkah menuju area pamer karya mahasiswa di Exhibition Hall Universitas Kristen Maranatha, Bandung (28/11/2024). Rupanya, Wamendag Roro terpikat dengan salah satu produk busana yang dipajang di sana.

Ia pun mencoba jaket unik itu, langsung mengenakannya sambil berbincang dengan para mahasiswa kreatornya.

Baca juga → Desainer Mode Maranatha Pamer Koleksi Evolusia 2024 Kolaborasi dengan APPMI

Inovasi Batik Bergaya Modern

Produk fashion unik itu pun langsung menjadi studi kasus pada sesi diskusi kuliah umum selanjutnya berjudul “Pemanfaatan Iklan dan Penguatan Branding”.

Produk inovatif menggabungkan fashion modern dengan kekhasan batik tradisional seperti yang dibuat oleh Sarraka Batik merupakan contoh penerapan strategi STPBD untuk memperjelas brand positioning.

Wamendag Dyah Roro Esti di Maranatha 2024
Salah satu karya mahasiswa yang menarik perhatian Wamendag Roro adalah jaket unik produk Sarraka Batik. (dok. Kemendag)

Wamendag Roro: Peluang Bisnis Terbuka Lebar!

Dyah Roro Esti dalam sesi kuliah umum memaparkan strategi-strategi Kementerian Perdagangan (Kemendag) khususnya tentang kebijakan perdagangan melalui sistem elektronik.

“Pelaku usaha di Bandung memiliki kreativitas dalam mengembangkan inovasi, sehingga peluang bisnis masih terbuka lebar,” ungkap Roro.

Wamendag Dyah Roro Esti di Maranatha 2024
Wakil Menteri Perdagangan RI, Dyah Roro Esti memberi kuliah umum di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. (foto: dok. Kemendag)

Baca juga → Kampus Ini Punya Batik Kebanggaan Motif Patrakomala Ikon Kota Kembang

Marketplace Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor

Delly juga ikut hadir sebagai pembicara dalam salah satu sesi kuliah umum. Ia membagikan success story bagaimana online marketplace telah berhasil membawa Dobujack masuk pasar internasional melalui ekspor.

Ia menceritakan bahwa pada awalnya Dobujack hanya fokus berjualan secara offline. Ketika pandemi Covid-19 terjadi, omzet menurun drastis, sehingga ia mulai beralih memanfaatkan marketplace Shopee.

“Alhamdulillah, penjualan meningkat hingga delapan puluh persen karena kami bisa menjangkau pembeli lebih luas, bukan hanya di Bandung,” kata Delly.

Wamendag Dyah Roro Esti di Maranatha 2024
Kuliah umum “Bimbingan Teknis Perdagangan Jasa di Era Digital” diadakan di kampus Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 28 November 2024. (dok. Kemendag)

Terkait ekspor, Daniel Minardi, Director of Business Partnership Shopee Indonesia dalam sesi materi “Kiat Sukses Berdagang Online” secara khusus membahas peluang dan kemudahan ekspor bagi para pelaku usaha yang difasilitasi oleh Shopee. 

“Kami percaya bahwa pelaku UMKM lokal dapat memaksimalkan potensinya untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan daya saing, sekaligus berkontribusi pada perekonomian nasional,” ujar Daniel. 

Kolaborasi Majukan Perdagangan

Wamendag Roro memberikan kuliah umum dan bimbingan teknis di Universitas Kristen Maranatha didampingi oleh Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) dan Perdagangan Jasa Kemendag, Rifan Ardianto.

Dalam kesempatan ini, Rifan menegaskan pentingnya kolaborasi untuk memajukan perdagangan Indonesia, termasuk kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan dunia pendidikan.

Baca juga → Warisan Budaya Indonesia Naik Pamor, Batik Bukan Tren

“Perguruan tinggi juga bisa menjadi enabler atau pendamping bagi pelaku usaha untuk memberikan informasi, apa yang menjadi tren konsumen Indonesia, apa yang menjadi tren pasar di luar,” ungkapnya.

Terkait peran perguruan tinggi dalam kolaborasi tersebut, Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof. Sri Widiyantoro dalam sambutannya menyebutkan bahwa Maranatha juga sudah menjalankan kelas kolaborasi dengan mitra industri dan MBKM Kewirausahaan.

Universitas Kristen Maranatha sebagai salah satu PTS Unggul dan terbaik nasional berharap dapat terus memperkuat kolaborasi dengan para stakeholder perdagangan Indonesia. Tidak saja menghasilkan pelaku bisnis dan entrepreneur-entrepreneur muda yang melek digital, tetapi juga dapat mendorong kemajuan perdagangan Indonesia di pasar global. 


(am)

foto atas: dok. Medkom Maranatha

aktual bisnis utama
5 bintang | 1 pendukung