Girl Promoting on Socmed

Belajar dari Kesalahan Marketing Medsos

Zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih. Hal ini memungkinkan kita semua untuk melakukan segala sesuatu melalui media sosial di mana pun kita berada, bahkan dari rumah sekalipun.

Salah satu contohnya, saat ini para pelaku bisnis dapat melakukan pemasaran atau mempromosikan produk mereka hanya menggunakan social media marketing. Media sosial merupakan salah satu platform yang saat ini dianggap penting oleh pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka.

Para pelaku usaha yang sebelumnya sudah mempunyai toko tetap untuk berjualan, kini juga memanfaatkan atau pindah ke social media marketing. Bahkan perusahaan-perusahaan yang ingin meluncurkan produk baru, saat ini juga mengandalkan media sosial untuk mempromosikan produk barunya. Media sosial penting untuk meningkatkan popularitas produk secara luas dan tak terbatas.

Pentingnya Foto dan Caption

Beberapa hal dapat dilakukan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk. Contohnya adalah menampilkan foto produk dari sisi depan, belakang, dan samping dengan angle yang menarik. Kemudian mem-posting setiap produk dengan foto yang terbaik, dan memberikan caption yang menarik berisi informasi-informasi yang detail mengenai produk yang dipasarkan. Tujuannya untuk membuat orang-orang tertarik membeli produk yang dipromosikan di media sosial tersebut.

Para konsumen sekarang ini mulai teliti dalam membelanjakan uang meraka, sehingga informasi yang detail sangat dibutuhkan oleh konsumen untuk mengetahui kualitas produk yang akan mereka beli. Tugas kita sebagai penjual dan pemasar adalah menyediakan informasi selengkapnya mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Pengalaman Gagal Online Shop

Saya pernah mencoba melakukan penjualan produk melalui media sosial Instagram. Saat itu saya hanya mem-posting setiap foto seadanya saja. Kemudian, saya mengunggah foto dalam satu hari bisa sampai sepuluh foto produk sekaligus. Saya juga membuat caption secara singkat saja.

Suatu hari saya sadar dengan cara seperti itu, membuat orang-orang hanya berkunjung ke akun online shop saya, tetapi kemudian tidak membeli karena tidak tertarik.

Setelah saya tahu permasalahannya, saya kemudian menghapus foto yang banyak tersebut dan meng-upload ulang dengan pola satu hari tiga atau empat foto. Saya juga memberikan informasi yang detail pada caption.

Tidak disangka, beberapa hari kemudian langsung ada yang membeli produk saya!

Kesimpulan Berharga

Saya membagikan pengalaman ini agar kita semua dapat belajar dari kesalahan saya itu. Maklum, ketika itu saya baru memulai bisnis online. Jadi, ketika kalian ingin memulai pemasaran di media sosial, kalian dapat menerapkan strategi mem-posting foto yang menarik dan membuat caption sedetail mungkin.

Hal itu akan sangat membantu memberikan kesan lebih kepada para konsumen. Unggahan foto produk yang menarik disertai dengan caption yang informatif tentang produk yang kita pasarkan, adalah kebutuhan yang diinginkan konsumen sebelum membelanjakan uang mereka. Adalah tugas kita sebagai pelaku bisnis untuk memenuhi keinginan konsumen. Bila konsumen puas, bisnis kita pun akan lancar.


(Silvia C.)

Temukan artikel bisnis lebih lengkap di sini → Manis Getir Dunia Bisnis

bisnis khusus
5 bintang | 1 penilai