BTS Meal

Bikin Gempar, BTS Meal Ternyata Disokong Formula Ajib

Di tengah panasnya berita-berita di media massa tentang lonjakan kasus Covid-19 di tanah air, beberapa hari lalu terjadi kehebohan yang tak kalah meledaknya. Pelakunya adalah McDonald’s yang bersekutu dengan BTS. Salah satu dampak kelakuan mereka adalah disegelnya belasan bahkan puluhan gerai makanan cepat saji itu di beberapa kota, karena menimbulkan kerumunan yang luar biasa besar.

Padahal cuma gitu doang!

Heran kan? Kok bisa kudapan fast food enteng semacam itu, jadi sedemikian hebohnya. “Dah gini doang?” Demikian cuitan chef papan atas, Arnold Poernomo, salah satu juri MasterChef Indonesia di akun Twitternya, 9 Juni 2021. Bagaimana tidak, sepaket menu BTS Meal, isinya hanya nugget, kentang goreng, saus, dan segelas minuman.

The BTS Meal
The BTS Meal (www.mcdonalds.com)

Kegilaan yang Viral­

Tinggal di Indonesia, tentu kita sudah akrab dengan yang namanya calo. Mulai dari calo tiket, calo STNK, hingga calo tanah, komplit semuanya ada. Namun sepertinya baru kali ini kita mendengar calo fast food. Beberapa warganet membagikan pengalaman mereka membeli BTS Meal dari calo yang menjualnya dengan harga jauh lebih tinggi. Dibanderol hanya 50 ribuan di gerai resminya, BTS Meal versi mark-up dagangan para calo itu tetap laku keras karena stok di gerai ludes.

Lebih gila lagi, ternyata ada juga yang menjual—dan tentunya membeli—bungkus bekasnya! Harga yang ditawarkan tak main-main, mencapai ratusan ribu hingga menembus jutaan rupiah, berlipat kali daripada harga makanannya. Jarang terjadi di dunia food industry, packaging bungkus kertas dan karton berharga jauh lebih mahal daripada produk isinya.

Para BTS ARMY, fan base-nya BTS, rupanya sangat bangga bisa mengoleksi dan memamerkan bungkus bekas beraroma idola mereka. Bila dicermati, packaging produk kolaborasi ini memang desainnya unik dan well thought out. Sebuah rancangan yang amat cerdas.

Mesin Devisa & Ikon Pop Culture

Jadwal perilisan BTS Meal di puluhan negara
Jadwal perilisan BTS Meal di puluhan negara (IG McDonald’s)

Begitulah jadinya kalau dua ikon pop culture beda dunia bersekutu melakukan co-branding. Bergembiralah para pakar marketing, takjub melihat dengan mata kepala sendiri betapa dahsyat kekuatan gabungan dua raksasa branding kelas dunia.

BTS Meal boleh jadi “dah gitu doang,” tapi dampaknya luar biasa. Gila? Bisa jadi.


(is)

sumber gambar atas: IG McDonald’s

Ini juga menarik → Tiga Fakta Kedigdayaan BTS: Bauran Mutakhir, Ambisi Visioner hingga Rekor Dunia

bisnis khusus
5 bintang | 2 penilai