Pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh dunia adalah sebuah tantangan yang dampaknya sangat terasa bagi kita semua. Masalah utama yang kita rasakan saat ini adalah faktor ekonomi. Pembatasan ruang gerak dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Dengan begitu, banyak pebisnis yang harus mengubah sistemnya demi mempertahankan bisnisnya.
Zaman digital mengubah semuanya, yang mulanya jualan offline saat ini sudah masuk ke era jualan online. Perkembangannya juga sangat cepat, sehingga persaingan pun cukup ketat.
Saya akan membagikan tips dari pengalaman pribadi saya bersaing di salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu Shopee.
Siapa sih yang tidak tau Shopee?
Shopee cukup dikenal karena banyak tawaran yang menggiurkan seperti barang-barang yang dijual dengan harga murah, voucher gratis ongkir dan tawaran yang lainnya. Oleh sebab itulah banyak buyer yang merasa diuntungkan dengan hal tersebut.
Jurus Bersaing Seller Newbie
Bagi saya sebagai salah satu newbie seller di Shopee, cukup sulit untuk bersaing dengan kompetitor yang sudah memiliki penjualan yang tinggi dan followers yang sudah banyak. Namun, sulit bukan berarti saya tidak bisa atau mustahil untuk menjadi seller yang memiliki penjualan tinggi.
Berikut ini adalah tips-tips untuk bersaing di Shopee:
1. Katalog atau Foto Produk yang Menarik
Jika saya memosisikan diri sebagai seorang buyer saat sedang berbelanja, selain melihat harga, hal lain yang saya lihat adalah katalog produk. Tampilan produk berpengaruh pada keputusan buyer untuk membeli produk di toko kita. Pembeli cenderung memilih produk dengan foto yang bersih, jelas, dan eksklusif. Ditambah lagi, bila terdapat beberapa foto yang menjelaskan tentang produk tersebut, kemungkinan untuk membeli produk tersebut akan semakin tinggi. Oleh karena itu, penting sekali untuk meningkatkan kualitas tampilan katalog.
2. Watermark Logo
Mencantumkan watermark berupa logo toko dapat memberikan informasi bahwa foto tersebut adalah asli milik saya, sekaligus sebagai media promosi bagisiapa saja yang melihat foto itu. Cara ini juga bagus untuk branding toko.
3. Dekorasi Toko
Manfaatkanlah fitur dekorasi toko. Fitur ini memungkinkan seller untuk menyesuaikan halaman toko dengan menggunakan berbagai komponen, sehingga bisa membuat halaman toko menjadi jauh lebih menarik. Hal ini akan mengundang pembeli untuk datang.
4. Fitur Gratis Ongkir
Memasang fitur gratis ongkir sangat berdampak besar untuk penjualan pada toko. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, Shopee terkenal karena memiliki fitur gratis ongkir yang sangat menguntungkan bagi pembeli. Saya merasakan dampaknya ketika mengikuti fitur ini dan sangat membantu toko saya untuk meningkatkan penjualan.
5. Perbanyak Produk dan Variasi Produk
Saya beranggapan bahwa semakin lengkap toko, semakin banyak transaksinya. Pembeli pun tidak mudah bosan sehingga memiliki banyak waktu untuk melihat produk lain di satu toko. Pembeli juga bisa membeli banyak barang sekaligus, karena terkadang ada buyer yang malas mencari toko-toko lain. Banyak juga pembeli yang ingin menetap di satu toko saja untuk repeat order. Oleh karena itu, memperbanyak produk sangat berdampak besar untuk meningkatkan penjualan, sehingga dapat bersaing dengan yang lain.
6. Gunakan Fitur Promo
Fitur promo dapat menjadi magnet yang dapat menarik pembeli. Dengan adanya tag diskon, akan menarik pembeli lebih banyak lagi. Pada umumnya toko yang menjual produk dengan harga diskon, lebih diminati oleh para buyers.
Itulah beberapa tips dari saya untuk seller yang ingin bersaing dan meningkatkan penjualannya. Namun di balik itu semua, faktor yang paling utama adalah niat, ulet, dan tidak pantang menyerah.
(Kartika Dewi Aprilia)
sumber gambar atas: YouTube Shopee Singapore
Informasi yang menarik. Kunjungi https://unair.ac.id/