Digital Branding

Ingin Bisnis Terus Berkembang? Utamakan Digital Branding!

Branding adalah upaya penting yang harus dilakukan dalam sebuah bisnis, karena persaingan usaha yang semakin ketat saat ini. Kotler mendefinisikan branding sebagai nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang atau kelompok penjual untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Seiring perkembangan zaman, definisi branding pun ikut berkembang.

Saat ini branding dapat didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Sedangkan digital branding, adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dalam membangun citra baik terhadap dirinya atau perusahaan secara online.

Digital branding perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis, terlepas itu bisnis online maupun offline.

Digital branding jauh lebih efektif dan bermanfaat dibandingkan cara lama. Sebagai pelaku bisnis yang ingin terus berkembang, membangun digital branding yang baik adalah salah satu hal yang harus diutamakan, terlebih bagi pelaku bisnis online di era digital ini.

Apa pentingnya digital branding untuk kesuksesan bisnis?

1. Promosi dan Daya Tarik

Bila sebuah bisnis memiliki brand yang kuat, persepsi yang baik, dan diingat publik, maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Konsumen akan cenderung memilih brand yang kuat ataupun yang diingatnya. Selain itu, dengan adanya brand yang kuat, ada kecenderungan untuk mendapatkan konsumen baru ataupun repeat buyer.

Baca juga → Ramai OVO Dicabut dan Facebook Hilang dari IG, Segitunya Arti Sebuah Nama?

Internet terus berkembang secara masif, melahirkan berbagai inovasi baru dalam bentuk digital. Sebagai pelaku bisnis, kita harus jeli melihat peluang ini. Salah satunya adalah melakukan digital branding sebagai media promosi. Hal ini jauh lebih mudah dibandingkan melakukan promosi dengan cara konvensional yang membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya.

Masyarakat Indonesia yang rata-rata menghabiskan waktu lebih dari tiga jam untuk bermain media sosial, adalah peluang besar. Digital branding memanfaatkan media sosial bahkan bisa jadi media promosi yang jauh lebih efisien.

2. Meningkatkan Kepercayaan dan Awareness

Digital branding tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari dua hari. Keberhasilannya membutuhkan waktu yang cukup lama, dan harus disertai konsistensi. Dalam bisnis online, meningkatkan awareness ketika memperkenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen sangat penting agar konsumen yakin dan mau menggunakan produk tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan awareness melalui digital branding yaitu memanfaatkan influencer di media sosial. Kita juga dapat memanfaatkan akun media sosial dengan konten-konten yang unik. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan awareness dan menciptakan suasana engaging dengan para followers.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan dari pelanggan terhadap brand kita akan terus meningkat. Akhirnya pelanggan atau konsumen akan yakin dan percaya bahwa produk dan pelayanan yang kita berikan tidak akan pernah mengecewakannya. Ketika kepercayaan itu sudah benar-benar ada, pelanggan tidak akan perlu banyak bertanya terkait detail produk yang akan dibelinya.

Baca juga → Marketing oleh Beauty Influencer, Yes or No?

3. Mendapatkan Banyak Relasi Baru

Dalam bisnis dibutuhkan networking atau jaringan untuk memperluas jangkauan. Melakukan digital branding bisa menciptakan banyak relasi dan jaringan baru. Hal ini sangat penting, terutama bagi pelaku usaha baru yang butuh lebih banyak relasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Membangun digital branding yang baik dapat membuat banyak perusahaan besar menawarkan kerja sama. Peluang ini sangat mungkin bila jaringan relasi telah tercipta. Hal ini tentu akan membuat bisnis, khususnya bisnis online lebih cepat berkembang.

4. Lebih Mudah Mendapatkan Pelanggan Baru

Meningkatnya kepercayaan dan adanya banyak relasi akan membuat pelanggan baru lebih mudah didapatkan. Setiap calon pelanggan atau konsumen selalu menginginkan produk dengan kemungkinan risiko terkecil. Inilah salah satu pentingnya digital branding yang dibangun secara konsisten. Image dan testimoni baik dari pelanggan lain akan lebih mudah mendatangkan pelanggan baru.

5. Menghemat Biaya

Terakhir dan yang paling dirasakan adalah penghematan biaya. Membangun digital branding pada awalnya memang tidak akan langsung berpengaruh besar. Upaya branding biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan waktu dan konsistensi untuk bisa merasakan manfaatnya. Bila berhasil, kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak anggaran untuk promosi karena digital branding telah melakukannya.


(Viannita Jovanka Dani)

bisnis khusus
5 bintang | 1 penilai