Nulis Yuk

Yuk, Nulis Yuk!

Setelah membaca beberapa tulisan di situs ini, bagaimana menurut Anda? Bermanfaat bukan? Kami harap demikian.

Bila Anda suka dengan bacaan-bacaan di sini, berarti kesukaan kita mirip. Suka dengan hal-hal yang ringan, unik, edukatif, dan hal-hal lain yang dapat ditemukan di sini. Demikian pula dengan para sahabat kontributor situs ini.

Sekilas cerita, situs ini lahir sebagian besar karena keinginan untuk berbagi cerita, dan sebagian lagi karena kenekatan. Keinginan untuk berbagi cerita, dimulai dari hobi beberapa sahabat yang gemar membaca, dan kebetulan juga gemar menulis―walaupun enggak sering-sering amat. Dorongan yang paling besar, rupanya karena pesan menggelitik yang selalu terngiang, berikut ini.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Pramoedya Ananta Toer

Gara-Gara Pramoedya

Beberapa dari kami yang sebelumnya merasa cukup pandai, jelas terusik membacanya. Ups… just kidding. Bukan, bukan karena itu. Menurut kami, pesan itu mengandung makna bahwa menulis itu penting.

Manusia adalah makhluk yang penuh kreativitas, penuh imajinasi. Siapa pun kita, pasti di kepala tersimpan banyak ide, kenangan, pemikiran, dan gagasan. Semua itu perlu dikeluarkan. Paling gamblang tentu dalam bentuk tulisan. Bahkan bila itu hanya coretan ringan, setidaknya gagasan itu sudah selangkah lebih maju, sudah mulai berwujud.

Seorang sahabat pernah bilang, “Hal-hal baik, itu perlu disebarluaskan, agar menebar lebih banyak kebaikan.” Gagasan-gagasan yang baik, coretan dan tulisan yang baik, janganlah disimpan sendiri. Tunjukkan dan bagikan ke orang-orang di sekitar kita, bahkan ke semua orang. Lain halnya dengan hoaks, jangan disebarluaskan dan jangan disimpan meracuni pikiran, buang ke laut saja.

Lebih Baik Ditulis

Akhirnya lahirlah situs ini, bermodalkan keberanian yang sedikit digelitik oleh idealisme. Ah, tapi lupakan saja idealisme-idealisme itu tadi. Praktisnya, daripada hanya bergagasan saja, lebih baik dituliskan. Nah, kalau ditulis di kotretan atau sticky notes, pasti nanti hilang entah ke mana. Maka, lebih baik ditulis secara daring. Selain lebih modern, juga lebih mudah dibaca oleh siapa pun. Begitulah kira-kira singkat ceritanya.

Jadi, segera ambil bolpoin atau pensil, atau keyboard, sebelum gagasan itu menguap. Apa pun idenya, apa pun ceritanya, tulis saja dulu. Namun ingat, jangan hoaks ya. Tulis yang baik-baik saja, agar amanah dan bermaslahat. Ayo menulis!


Bila Anda punya naskah tulisan yang ingin dibagikan di situs ini, silakan hubungi tim redaksi melalui surel: kontak@inspirensis.id

khusus
5 bintang | 6 penilai