Feeds Design (by Georgia de Lotz)

Tips Branding di Instagram: Feeds Cantik, Omzet Meroket

Manusia pada dasarnya adalah makhluk visual. Tindakan yang mereka lakukan kebanyakan berdasarkan pada apa yang mereka lihat. Sama halnya saat seseorang ingin berbelanja, hal utama yang dapat ia rasakan yaitu melalui indra penglihatan. Oleh karena itu, media visual sangat berperan penting dalam branding sebuah bisnis.

Branding adalah suatu usaha untuk menciptakan kesan atau citra di benak konsumen. Branding dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Saat ini media sosial seperti Instagram terbukti menjadi sarana branding yang sangat efektif untuk menarik pelanggan.

Baca juga Lima Alasan Mengapa Branding Sangat Penting

Branding di Instagram

Bagaimana sih, caranya mem-branding bisnis di Instagram? Salah satunya adalah dengan mendesain feeds. Mengapa harus dengan mendesain feeds? Karena feeds Instagram dapat diibaratkan sebagai etalase toko yang menjadi pemeran utama untuk memberikan kesan terhadap calon pembeli.

Etalase toko yang bersih dan bergaya mungkin menarik mata pengunjung saat melihat-lihat hidangan kue yang akan mereka pilih. Sama halnya dengan feeds Instagram, semakin tertata maka akan membuat pelanggan betah mencarai barang yang mereka butuhkan.

Feeds yang tertata juga akan memberikan kesan profesional di benak calon pembeli.

Tips Mendesain Feeds Cantik

Berikut ini ada tiga tips cara membuat feeds Instagram agar cantik dan menarik untuk mem-branding bisnismu!

1. Tentukan Tema

Dear Me Beauty
Dear Me Beauty mendesain feeds sesuai tema campaign produk yang sedang dijalankan. (foto: feeds IG @dearmebeauty)

Baca juga Brand Fashion Misterius ala Jennie Blackpink, Strategi Bagus?

2. Terapkan Palet Warna

Gunakanlah kombinasi beberapa macam warna agar tampilan feeds terlihat senada dan indah dipandang. Caranya, pilihlah tiga warna dengan dua wana pokok yang senada dengan warna produk ataupun warna logo brand, dan satu warna lagi untuk menjadi tansisi kedua warna tersebut.

Contohnya dapat dilihat dari feeds IG Dear Me Beauty. Mereka menggunakan palet warna nude sesuai dengan shade yang digunakan pada produk yang ditampilkan, dengan warna transisi yaitu putih. Kombinasi warna yang mereka ambil yaitu nude coklat dari warna gelap hingga terang.

Bingung menentukan kombinasi warna yang cocok? Jangan khawatir!

coolors.co
Situs palette generator bisa manjadi referensi untuk memudahkan kita memadupadankan kombinasi warna. (foto: tampilan situs coolors.co)

Bahkan kita bisa memasukkan salah satu dari foto katalog produk kita, dan situs tersebut akan mengeluarkan palet sesuai dengan warna yang ada pada foto yang kita input. Fitur ini sangat berguna bila kita ingin menyamakan palet warna feeds dengan warna yang ada pada produk kita.  

Baca juga Ingin Bisnis Terus Berkembang? Utamakan Digital Branding!

3. Rencanakan Konten

Tentukan rencana isi konten yang akan disajikan pada setiap posting feeds. Misalnya pada posting pertama akan menampilkan desain produk, lalu di posting kedua adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi produk, dan posting ketiga adalah keunggulan produk.

Sociolla
Konten feeds IG perlu direncanakan agar posting bisa menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung. (foto: feeds IG @sociolla)

Ternyata cukup mudah, kan?

Cobalah tiga cara di atas untuk meningkatkan branding bisnismu melalui IG. Semakin cantik feeds Instagram, semakin indah juga profitnya!


(Nabilla Ayuningtyas)

ilustrasi foto atas: Georgia de Lotz on Unsplash

editor: MA

bisnis khusus
5 bintang | 3 penilai