Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi begitu cepatnya, apalagi diakselerasi dengan adanya pandemi global Covid-19. Kemajuan yang sangat pesat ini melahirkan potensi karier dan profesi yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Peluang ini harus diambil oleh generasi muda Indonesia, agar tidak tertinggal dengan arus kemajuan.
Pandemi global telah membuat sebagian besar bisnis beralih ke bisnis online, atau mendayagunakan sumber daya digital dengan kapasitas yang jauh melebihi sebelumnya. Startup companies dan online marketplace banyak bermunculan akhir-akhir ini. Keduanya mengandalkan digital marketing sebagai kegiatan bisnis utamanya. Demikian diungkapkan oleh Ir. Teddy Marcus Zakaria, M.T., Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha pada webinar “Digital Marketing for Your Bright Future!” (26/02/2022). Ia melanjutkan, “Perusahaan penyedia jasa digital marketing pun banyak bermunculan.”
Baca juga → Ingin Bisnis Terus Berkembang? Utamakan Digital Branding!
6 Pilihan Profesi Digital Marketing
Muhammad Rizki Fahrurrozi, S.Kom., M.M., CEO dan founder Boleh Dicoba Digital berpendapat serupa. “Di Indonesia masih banyak bisnis-bisnis yang memerlukan digital marketing,” ujarnya. Ia menyebutkan, “Peluang usaha untuk membantu suatu digital marketing bisnis tidak selalu tentang e-commerce. Selama problem atau masalah itu bisa diselesaikan dengan teknologi, kita selalu bisa mengambil kesempatan membuat peluang bisnis baru.”
Technopreneur lulusan Fakultas Teknologi Informasi Maranatha yang akrab dipanggil Oni dalam webinar tersebut juga membagikan pengalamannya berkecimpung dalam dunia startup teknologi. Digital agency yang ia kelola saat ini telah membantu lebih dari 500 UMKM di Indonesia. Oni memaparkan bahwa tren saat ini adalah adanya kebutuhan digital talents yang begitu besar, seiring meningkatnya jumlah konsumen digital yang berkembang eksponensial.
Berikut ini adalah enam pilihan profesi yang dapat menjadi peluang karier masa depan para digital talents.
1. SEO Manager
Seorang SEO manager bertugas mengelola SEO (Search Engine Optimization), agar bisnis bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.
2. Content Marketing Specialist
Tugasnya adalah membuat konten marketing di berbagai platform digital.
3. Social Media Manager
Dewasa ini media sosial telah menjadi sarana marketing yang sangat efektif. Social media manager bertugas mengelola media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube.
4. Performance Marketer
Ia bertanggung jawab menganalisis dan meningkatkan performance digital marketing.
5. Email Marketing Specialist
Selain media sosial, email merupakan salah satu sarana marketing yang sangat efektif. Tugas seorang email marketing specialist antara lain adalah melacak strategi konten dan kalender perusahaan.
6. Media Planner dan Media Buyer
Strategi marketing yang baik membutuhkan perencanaan media yang baik pula. Membuat strategi digital marketing adalah tugas dari seorang media planner dan media buyer.
Baca juga → Belajar dari Kesalahan Marketing Medsos
9 Bidang Tren Karier Masa Depan
World Economic Forum (WEF) dalam “The Future of Jobs Report 2020” menyebutkan beberapa bidang dengan peluang kerja yang sangat prospektif di masa depan. Bidang-bidang tersebut adalah: teknologi sains data, manajemen dan bisnis, digital marketing, data science & artificial intelligence, teknik informatika, sistem informasi, industrial robotic design, cyber security, dan teknologi bisnis digital.
Menanggapi lebih dalam, Teddy menyebutkan ada sembilan bidang pendidikan yang dapat menjadi pilihan generasi muda Indonesia yang ingin terjun sebagai digital talents. Sembilan bidang tersebut adalah: 1) health informatics, 2) artificial intelligence, 3) network & cyber security, 4) smart mobile development, 5) data science & business intelligence, 6) big data & business intelligence, 7) digital business development & management, 8) enterprises information systems, dan 9) digital marketing.
Baca juga → Marketing oleh Beauty Influencer, Yes or No?
Memiliki pendidikan formal yang cocok dalam bidang-bidang tersebut tentu dapat menjadi bekal yang sangat berharga untuk terjun sebagai digital telents. Oni juga mendorong generasi muda Indonesia untuk terus berinisiatif belajar dari berbagai sumber pengetahuan yang sekarang begitu mudah didapat. “Sebagai contoh, di YouTube begitu banyak ilmu pengetahuan yang gratis dibagikan. Agar terus bisa berkompetisi, generasi muda Indonesia harus mau terus mencoba, terutama belajar hal baru di bidang digital marketing,” pesannya.
(@m.news)
Disadur dari artikel “Potensi Digital Marketing untuk Masa Depan yang Cerah” oleh Yenni Djajalaksana.
ilustrasi foto atas: Marvin Meyer on Unsplash
Digital menjadi hal yang hampir wajib digeluti para generasi muda penerus bangsa. Kunjungi https://unair.ac.id/
Konten yang informatif. Kunjungi https://unair.ac.id/