6 Profesi Digital Marketing Berprospek Menjanjikan

Jangan Ketinggalan, Ini 6 Pilihan Profesi Digital Marketing Kekinian

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi begitu cepatnya, apalagi diakselerasi dengan adanya pandemi global Covid-19. Kemajuan yang sangat pesat ini melahirkan potensi karier dan profesi yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Peluang ini harus diambil oleh generasi muda Indonesia, agar tidak tertinggal dengan arus kemajuan.

Baca juga → Ingin Bisnis Terus Berkembang? Utamakan Digital Branding!

6 Pilihan Profesi Digital Marketing

Berikut ini adalah enam pilihan profesi yang dapat menjadi peluang karier masa depan para digital talents.

1. SEO Manager

Seorang SEO manager bertugas mengelola SEO (Search Engine Optimization), agar bisnis bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

2. Content Marketing Specialist

Tugasnya adalah membuat konten marketing di berbagai platform digital.

3. Social Media Manager

4. Performance Marketer

Ia bertanggung jawab menganalisis dan meningkatkan performance digital marketing.

5. Email Marketing Specialist

Selain media sosial, email merupakan salah satu sarana marketing yang sangat efektif. Tugas seorang email marketing specialist antara lain adalah melacak strategi konten dan kalender perusahaan.

6. Media Planner dan Media Buyer

Strategi marketing yang baik membutuhkan perencanaan media yang baik pula. Membuat strategi digital marketing adalah tugas dari seorang media planner dan media buyer.

Webinar Digital Marketing Maranatha (26/02/2022)
Teddy Marcus Zakaria (kiri atas), Muhammad Rizki Fahrurrozi (kanan atas), dan moderator Julianti Kasih (bawah) dalam webinar “Digital Marketing for Your Bright Future!” (26/02/2022). (sumber: Yenni Djajalaksana, UK Maranatha)

Baca juga → Belajar dari Kesalahan Marketing Medsos

9 Bidang Tren Karier Masa Depan

World Economic Forum (WEF) dalam “The Future of Jobs Report 2020” menyebutkan beberapa bidang dengan peluang kerja yang sangat prospektif di masa depan. Bidang-bidang tersebut adalah: teknologi sains data, manajemen dan bisnis, digital marketing, data science & artificial intelligence, teknik informatika, sistem informasi, industrial robotic design, cyber security, dan teknologi bisnis digital.

Menanggapi lebih dalam, Teddy menyebutkan ada sembilan bidang pendidikan yang dapat menjadi pilihan generasi muda Indonesia yang ingin terjun sebagai digital talents. Sembilan bidang tersebut adalah: 1) health informatics, 2) artificial intelligence, 3) network & cyber security, 4) smart mobile development, 5) data science & business intelligence, 6) big data & business intelligence, 7) digital business development & management, 8) enterprises information systems, dan 9) digital marketing.

Baca juga → Marketing oleh Beauty Influencer, Yes or No?

Memiliki pendidikan formal yang cocok dalam bidang-bidang tersebut tentu dapat menjadi bekal yang sangat berharga untuk terjun sebagai digital telents. Oni juga mendorong generasi muda Indonesia untuk terus berinisiatif belajar dari berbagai sumber pengetahuan yang sekarang begitu mudah didapat. “Sebagai contoh, di YouTube begitu banyak ilmu pengetahuan yang gratis dibagikan. Agar terus bisa berkompetisi, generasi muda Indonesia harus mau terus mencoba, terutama belajar hal baru di bidang digital marketing,” pesannya.


(@m.news)

Disadur dari artikel “Potensi Digital Marketing untuk Masa Depan yang Cerah” oleh Yenni Djajalaksana.

ilustrasi foto atas: Marvin Meyer on Unsplash

Banner-Entrepreneur-Muda-Maranatha
pendidikan pilihan rekomendasi
5 bintang | 3 penilai