Barisan Ayam Mengikuti Induk

Cakue Ayam, Inovasi agar Tak Tertinggal

Ada yang menganggap berbisnis sebagai suatu hal seperti terjun dari tebing. Ketika kita sedang turun, kita harus membuka parasut dan mengarahkannya ke titik lokasi landasan agar sampai di area yang diinginkan.

Sama halnya dalam dunia bisnis, ketika terjun ke pasar kita harus mengarahkan ke mana tujuan dan segmen kita. Kemudian kita harus mengontrolnya dengan baik agar kita tidak salah terjun dalam berbisnis.

Perlunya Inovasi dalam Bisnis

Saat mencoba menjalankan business plan dalam mata kuliah perencanaan bisnis, saya dituntut membuat sebuah produk dengan inovasi yang belum dilakukan sebelumnya. Saya ingin membagikan pengalaman itu setelah menjalankan dan menyadari bahwa inovasi itu memang dibutuhkan dalam sebuah produk.

Masih belum yakin bahwa inovasi bisa meningkatkan brand sebuah produk? Mari kita masuk ke pembahasan.

Pertama kita bahas dulu apa arti dari inovasi. Inovasi produk dapat diartikan sebagai upaya untuk memperbaiki, mengembangkan, dan melakukan perubahan pada suatu produk yang sudah pernah ada saat ini menjadi suatu produk yang baru atau sama, tetapi memiliki komponen yang lebih.

Dari pernyataan di atas bisa disimpulkan tujuan inovasi produk yaitu meningkatkan kualitas dari produk yang sudah ada, atau mengganti produk bahkan meningkatkan efisiensi produk. Dalam pengalaman saya, produk inovasinya adalah cakue berisi daging ayam.

Kenapa saya melakukan inovasi tersebut?

Karena saya rasa orang-orang zaman sekarang sudah biasa dengan rasa cakue yang polos saja, maka saya mencoba untuk menciptakan inovasi dalam produk yaitu mengembangkan produk ke level yang lebih tinggi lagi. Percaya atau tidak percaya, ternyata banyak masyarakat Indonesia yang menyukai produk isian seperti tahu isi dan pastel isi. Terbukti, banyak pelanggan yang membeli cakue isi itu. Mereka menyukai cakue dengan inovasi isian daging ayam tersebut.

Inovasi Melengkapi Manajemen

Bagaimana dengan manajemen dalam berbisnis? Tentunya manajemen dalam suatu bisnis penting untuk melancarkan proses dari input sampai ke proses output. Manajemen bahkan juga bagian penting sampai ke pemasaran. Namun nyatanya inovasi juga diperlukan untuk lebih lagi menyempurnakan keseluruhan produk yang ada.

Bergeraklah untuk melakukan inovasi dalam berbisnis. Inovasi tidak hanya membuat kita mampu bersaing dengan kompetitor di market yang sama, tetapi inovasi juga dapat membuat bisnis kita makin unggul dan efisien.


(Kevin Sugiarto)

Temukan artikel bisnis lebih lengkap di sini → Manis Getir Dunia Bisnis

bisnis khusus
0 bintang | 0 penilai